PUSTARHUT MELEPAS PPPK MANGGALA AGNI VIA ZOOM MEETING : BERSYUKUR DAN JAGA NAMA BAIK

SHARE

Sehubungan dengan jarak waktu antara libur Idul Fitri dan pemanggilan tugas bagi PPPK Manggala Agni untuk segera lapor diri di tempat tugas yang baru maksimal tanggal 22 April 2024, maka Pustarhut menyelenggarakan acara pelepasan pegawai PPPK Manggala Agni melalui zoom meeting pada hari Senin, 8 April 2024, pukul 09.00 WIB.

Zoom meeting dipimpin oleh Kepala PUSTARHUT, Ibu Dr. Wening Sri Wulandari, S.Hut, M.Si dan dipandu oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha PUSTARHUT yaitu Bapak Akhmad Morysofa Suparta, S.Hut, M.si.

Serta diikuti oleh :

  • Ibu Aryani, S.Hut, M.si selaku Kepala Bidang Perumusan dan Penilaian Kesesuaian Standar Instrumen
  • Ibu Dr. Ir. Hernita Wahyuni, M.Si selaku Kepala Bidang Pengembangan Standar Instrumen dan Pengelolaan Laboratorium Kehutanan.
  • Ibu Ayun Windyoningrum S.Hut, M.Sc. dari KHDTK
  • 13 PPPK Manggala Agni

Penempatan Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim, Balai Pengendalian Perubahan Iklim Kalimantan, Seksi Wilayah I :

  1. Bapak Suhendar
  2. Bapak Sugiyarno
  3. Bapak Yudi Andrian
  4. Bapak Endang Gunawan
  5. Bapak Dani Nurdiansyah
  6. Bapak Kusmawan
  7. Bapak Wawan
  8. Bapak Saprudin

Penempatan Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim, Balai Pengendalian Perubahan Iklim Kalimantan, Seksi Wilayah III :

  1. Bapak Wempi Riansyah
  2. Bapak Okeu Supriatna
  3. Bapak Suhendar
  4. Bapak Ricky Firmansyah

Penempatan Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Barat, Seksi Konservasi Wil. I

  1. Bapak Topik Hidayat

Acara pelepasan sarat pesan dan kesan yang mendalam. Zoom meeting dibuka dengan ajakan bersyukur dari Ibu Kepala Pustarhut kepada ketiga belas PPPK Manggala Agni yang akan segera bertugas di tempat yang baru. Kendati untuk sementara waktu harus berpisah dengan keluarga tercinta, namun demi masa depan dan karir yang lebih baik hal itu janganlah menyurutkan semangat untuk terus bekerja dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab.

Apalagi, perjuangan untuk menjadi PPPK tidaklah mudah, mereka haruslah bersaing satu sama lain demi posisi tersebut, sehingga kelak diharapkan Manggala Agni sebagai pemegang jabatan fungsional keterampilan, terutama yang berada di pelosok agar memanfaatkan segala peluang untuk mengembangkan diri menjadi lebih maju.

Lebih lanjut, Ibu Kepala PUSTARHUT juga mengatakan bahwa pengangkatan PPPK Manggala Agni adalah hasil perjuangan panjang dari KLHK kepada KEMENPAN agar PPNPN Manggala agni menjadi salah satu yang bisa diangkat menjadi PPPK.

Perhatian KLHK terhadap Manggala Agni sangatlah besar, “ Manggala Agni dihargai sebagai ujung tombak di lapangan, yang sangat menentukan kinerja KLHK di dalam menanggulangi kebakaran hutan dan lahan.” Ujar Bu Wening selaku Kepala PUSTARHUT. “Meski pada kenyataannya peran Manggala agni tak terbatas ketika terjadi masalah kebakaran hutan semata, tapi juga terdapat tugas lainnya seperti kemampuan berkomunikasi dengan masyarakat dan patroli untuk pencegahan kebakaran hutan.” Tambah beliau.

Selain itu, selama bertahun-tahun mengabdi sebagai PPNPN Manggala Agni di PUSTARHUT, hendaknya kelak di tempat tugas yang baru, senantiasa menjaga nama baik PUSTARHUT sebagaimana selama ini PUSTARHUT memberikan segala sarana dan prasarana serta pelatihan yang baik kepada para Manggala agni.

“ Bantu saya untuk bisa membuktikan bahwa teman – teman (Manggala Agni) memiliki kemampuan, kapabilitas, komitmen seperti yang saya nyatakan di dalam pernyataan pada awal sekali ketika akan melakukan pendaftaran di Manggala Agni.” Pesan Ibu Ketua PUSTARHUT.

Untuk sarana dan prasarana milik PUSTARHUT termasuk data-data dan file penting hendaknya juga segera di serahkan kembali kepada PUSTARHUT agar nantinya dapat dikelola dan dipergunakan oleh pegawai pengganti yang baru di PUSTARHUT.

Dalam kesempatan tersebut juga terdapa sesi sharing dari perwakilan Manggala Agni dan seluruh jajajaran perwakilan PUSTARHUT yang terlibat dalam acara zoom meeting.

Ucapan rasa saling berterima kasih dan permohonan maaf apabila selama bertugas dan bekerja sama di PUSTARHUT terdapat kesalahan dan kekhilafan, serta berbagai harapan dan doa terbaik juga mewarnai acara ini.

Pihak PUSTARHUT juga akan membantu koordinasi dan komunikasi dengan berbagai pihak di tempat penempatan PPPK Manggala Agni yang baru termasuk masalah penjemputan, penginapan dan tempat tinggal.

Terakhir, Ibu Kepala PUSTARHUT berharap agar setelah acara pelepasan ini, kelak akan tetap menguatkan jalinan tali silaturahmi yang telah terbangun selama ini.

 

Penanggung jawab berita: Dr. Wening Sri Wulandari – Kepala Pustarhut