Penanaman Pohon di TWA Gunung Pancar: Kegiatan ASOF Meeting ke-27 Memperkuat Komitmen Konservasi Hut

SHARE

Bogor, Jumat 19 Juli 2024. Pusat Standardisasi Instrumen Pengelolaan Hutan Berkelanjutan (PuSTARhut) turut berpartisipasi dalam agenda penanaman yang merupakan rangkaian acara 27th ASEAN Senior Officials on Forestry (ASOF) and Its Related Meeting yang dilaksanakan di Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Pancar.

TWA Gunung Pancar merupakan salah satu kawasan konservasi yang ditetapkan pada tahun 1988. Kawasan konservasi seluas 463 Ha ini merupakan habitat asli berbagai satwa seperti Lutung Jawa dan Elang Jawa. TWA Gunung Pancar sebelumnya merupakan kawasan hutan produksi yang kemudian berubah fungsi menjadi kawasan konservasi dengan fokus ekowisata. Perubahan fungsi kawasan diharapkan dapat menjadi salah satu strategi pengelolaan sumberdaya hutan secara berkelanjutan. 

Kegiatan penanaman diawali dengan sambutan oleh Plh. Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam, Bisro Sya’bani. Pada kesempatan ini Bisro mengatakan “Kegiatan ini sejalan dengan tujuan ASOF yang berkomitmen terhadap pengelolaan hutan lestari dan konservasi keanekaragaman hayati guna meningkatkan ketahanan iklim”

Kepala PuSTARhut, Wening Sri Wulandari yang juga bertindak sebagai Head of Delegation Indonesia pada pertemuan ASOF ke 27 juga turut serta dalam kegiatan penanaman bersama dengan delegasi dari negara-negara ASEAN.

Jenis pohon yang ditanam termasuk Ki bereum, Ki Sireum, Ki cangkudu, Puspa, Huru, Salam, Meranti dan Kayu manis dipilih karena manfaat ekologis dan kemampuannya beradaptasi dengan kondisi di TWA Gunung Pancar.

Selain penanaman juga terdapat pameran perhutanan sosial. Pameran tersebut menampilkan berbagai produk yang dihasilkan oleh kelompok perhutanan sosial baik berupa kerajinan tangan maupun produk pangan menunjukkan hasil nyata konservasi dan pemberdayaan masyarakat lokal.

Kegiatan penanaman ini sekaligus menutup rangkaian pertemuan 27th ASEAN Senior Officials on Forestry (ASOF) and Its Related Meeting yang dihadiri oleh ASEAN Member States Brunei Darussalam, Cambodia, Filipina, Indonesia, Lao PDR, Malaysia, Myanmar, Thailand, Viet Nam, Lao PDR, Myanmar, Thailand, Vietnam. Selain itu kegiatan ini juga dihadiri oleh delegasi observer country Timor Leste dan ASOF Partner.

Penanggung jawab berita: Dr. Wening Sri Wulandari – Kepala Pustarhut

Kontributor: Septiana Intan Purwantari, S.Hut