Laboratorium Sutera Alam Indonesia (LSAI) Transfer Ilmu Budi Daya Ulat Sutera Bersama Mahasiswa Fak

SHARE

Bogor, Selasa 14 Mei 2024, Sebanyak 81 Mahasiswa bersama dosen pendamping Fakultas Peternakan IPB melakukan kunjungan edukasi ke Laboratorium Sutera Alam Indonesia (LSAI) pada hari Rabu, 8 Mei 2024.

Kegiatan tersebut terbagi menjadi 3 sesi. Masing - masing sesi berlangsung selama 1 jam. Bertempat di depan galeri, kegiatan dibuka dengan sambutan dari pihak Laboratorium Sutera Alam Indonesia (LSAI) yang diwakili oleh Ibu Merry M. Dethan, S.P.

“Selamat datang kami ucapkan kepada adik-adik mahasiswa semuanya, semoga adik-adik dapat memperoleh banyak wawasan terutama tentang budi daya ulat sutera di lab. Kami” Ujar Merry pada kesempatan itu.

Selepas ramah tamah dan sambutan, kemudian setiap kelompok mahasiswa dipandu oleh tim LSAI untuk mengikuti pemaparan materi dan mengelilingi ruangan gedung laboratorium untuk mengamati fasilitas dan cara kerja alat-alat penunjang kegiatan di LSAI. Ada beberapa ruangan penunjang di LSAI diantaranya adalah laboratorium kultur jaringan, laboratorium morikultur, laboratorium silk fiber, laboratorium filature, laboratorium pathologi dan entomologi.

Pemaparan materi diantaranya meliputi kegiatan pemuliaan plasma nutfah galur ulat sutera. Terdapat 54 jenis ulat sutera galur murni di bank plasma ulat sutera di LSAI. Untuk pemeliharaan ulat sutera sendiri melewati beberapa proses kegiatan, diantaranya penetasan telur, pemeliharaan ulat, pengokonan, panen kokon, seleksi pupa, perkawinan dan peneluran. Total siklus pemeliharaan ulat sutera adalah 30 – 36 hari. Selain itu juga dipaparkan mengenai tanaman murbei sebagai pakan utama ulat sutera, yang mana di LSAI tersedia 42 jenis tanaman murbei. Para mahasiswa juga dibekali wawasan tentang pemeliharaan murbei guna menjamin ketersediaan pakan bagi ulat sutera di LSAI, proses pemintalan benang dan pemaparan singkat mengenai kegiatan  agroindustri.

Selanjutnya, para mahasiswa diajak berkeliling galeri LSAI yang merupakan tempat display koleksi produk sutera alam baik hasil dari kegiatan pengelolaan laboratorium sutera maupun produk dari UMKM.

Pada akhir kegiatan terdapat sesi foto bersama dan juga ungkapan terima kasih dari dosen pembimbing, yaitu Dr. ir. Astari Apriantini, S.Gz, MSc yang merupakan dosen Inovasi teknologi serat sutra, Prodi Teknologi Hasil Ternak IPB.

“ Diharapkan mahasiswa kami, mendapat tambahan ilmu di bidang budi daya ulat sutera dan juga bagaimana peluang bisnisnya. Untuk itu, kami menyampaikan terima kasih kepada pihak Laboratorium Sutera Alam Indonesia (LSAI) dan Pustarhut yang berkenan dan menyambut baik kunjungan edukasi kami. Ke depan, kami berharap LSAI dapat menjadi laboratorium rujukan serikultur utama dan terbesar di Indonesia.” Tuturnya di sela-sela akhir kegiatan kunjungan edukasi.

 

Penanggungjawab berita :

Dr. Wening Sri Wulandari – Kepala Pustarhut

Editor :

Dr. Hernita Wahyuni – Kepala PSIPLK

Kontributor berita :

Ayu Sitta Damayanti, S.H. – Pranata Hubungan Masyarakat