Bincang Sore dengan BPSILHK Mataram: Perkuat Penerapan Standar

SHARE

Kepala Pustarhut pada 12 Agustus 2024 berkesempatan melaksanakan kunjungan ke BPSILHK Mataram, mendampingi Kepala BSILHK. Kunjungan dimaksud dalam rangkaian acara Share Learning Hasil Kerjasama dan Lokakarya RPHJP KPH Berbasis Adaptasi dan Perubahan Iklim.

Kepala BSILHK Mataram, Bintarto Wahyu Wardani mengawali acara dengan menyampaikan progres pelaksanaan kegiatan pemantauan dan penerapan standar sampai dengan Agustus 2024. Standar yang diuji terap mencakup lintas sektor, yaitu ESDM, Perindustrian, LHK dan non KBLI. Diantara standar tersebut yaitu UKLUPL penyediaan jasa lingkungan air pada kawasan konservasi untuk tujuan pemenuhan kebutuhan non komersiil, UKLUPL wisata arung jeram, UKLUPL penggergajian kayu; dan Standar pemanfaatan kehutanan kegiatan pemungutan HHBK, merupakan konsep standar yang dirumuskan oleh Pustarhut.

“Tema standar tersebut kami laksanakan sesuai dengan SK Kepala BSILHK dan penugasan” jelas Bintarto.

Ary Sudijanto, Kepala BSILHK menyampaikan bahwa kesempatan bertemu dengan jajaran BPSILHK Mataram merupakan kesempatan untuk banyak mendengar pengalaman dari BPSILHK dalam melaksanakan pemantauan dan uji terap standar.

“Pembelajaran dari lapangan merupakan kesempatan berharga untuk melaksanakan improvement dan menjaring masukan dari para pemangku kepentingan” kata Ary. Beragamnya tema standar yang dipantau dan di uji terap merupakan tahapan dalam mencari arah prioritas, sehingga ke depan bisa diperoleh tema spesifik dari BPSILHK.

Diskusi berkembang dengan menyampaikan pengalaman-pengalaman di lapangan oleh tim BPSILHK Mataram, diantaranya bahwa tim hadir sebagai perwakilan KLHK harus siap dengan pengetahuan-pengetahuan terkini sektor lingkungan hidup dan kehutanan. Selain itu juga disampaikan tantangan yang dihadapi dalam menemukan entitas yang sesuai dan ketersediaan dokumen lingkungan.

Diskusi yang dilaksanakan di ruang rapat di gedung baru BPSILHK Mataram ini dihadiri oleh segenap jajaran struktural, fungsional dan staf terkait. Kapustarhut dan Kepala Bidang Pengembangan Standar Instrumen dan Pengelolaan Laboratorium Kehutanan berkesempatan melakukan penanaman pohon di halaman kantor. ***

 

Penanggung jawab berita :

Dr. Wening Sri Wulandari – Kepala Pustarhut